Jumat, 11 Mei 2012

SINOPSIS ^Senyum Talita ^_^


                                                            SINOPSIS BUKU
Judul Novel                 : Senyum Talita
Pengarang                   : Moses David
Penerbit                       : SunshineBooks
Tahun Terbit                : 2011
Jenis Buku                   : Fiksi (novel terjemahan)
Jumlah Halaman          : 130 halaman
Moses David, kelahiran Jakarta 9 September. Saat ini sedang menyelesaikan kuliahnya S1 di STIE Triguna Bogor dengan jurusan Manajemen Indrusti dan menjabat sebagai Ketua Senat Mahasiswa. Selain menulis novel, Moses juga menulis lagu dan opini-opini di majalah komunitasnya. Nah, sekarang Moses menciptakan karyanya yaitu berupa novel mini dengan bertemakan anak SMP mencintai gurunya sendiri.. waw..waw..waw… itulah Moses, yang ingin menceritakan sesuatu yang unik.
Cinta, semua orang pasti akan merasakan yang namanya cinta di dunia ini. Setiap insan di dunia pasti akan mendapatkan pasangan. Cinta di dunia ini mempunyai banyak versi, contohnya : mereka mencintai orang yang lebih tua dibandingkan mereka, cinta yang bertepuk sebelah tangan, cinta yang tak mengetahui status hubungan kedepannya, mencintai mantan pacar kembali dan masih banyak lagi. Huh, itu lah segelintir macam-macam hubungan cinta di dunia. Bagaimana jika seseorang anak SMP mencintai gurunya sendiri? Emmm.. waw..waw..
Itulah Talita seorang anak SMP yang mencintai guru barunya sendiri. Guru tersebut adalah Pak Randi Susanto, guru matematika yang sangat menawan dan dapat memikat seluruh hati muridnya. Tak hanya talita yang terpikat tapi ketiga sahabatnya juga mencintai Pak Randi. Talita sangat menyayangi Pak Randi, yah.. itu lah Talita anak SMP yang sangat menyayangi guru matematikanya sendiri. Tapi,anehnya talita tak mengungkapkan kepada 3 sahabatnya jika ia mencintai Pak Randi dan memiliki hubungan  dengan Pak Randi.
Kehidupan Talita saat itu sangat dalam keadaan suram, dimana keluarga yang hancur, ayah ibu yang selalu bertengkar, kakak yang tak kunjung pulang dan hanya ingin hidup di dunia luar. Talita adalah sosok murid yang sangat malas untuk pergi kesekolah. Itu adalah kehidupan yang iya hadapi pada saat keluarganya hancur. Sebenarnya kehidupan talita pada saat orang tua dan kakaknya baik-baik saja, Talita adalah sosok anak yang sangat ceria. Tetapi sekarang talita sangat murung, yah.. karena kehidupannya yang sedang hancur. Tetapi ketika pak randi datang kehidupan talita sangat berubah 180 derajat.
Pak Randi adalah guru baru matematika yang kini menggantikan ibu Risma. Pak Randi adalah sosok guru yang sangat mencintai dan peduli kepada muridnya. Dimana ia bersikap seperti itu kepada seluruh muridnya dan juga terhadap Talita. Makanya setiap murid yang diajarnya pasti selalu ingin mendaptkan mata pelajaran tambahan, tentunya di bidang mata pelajaran matematika. Pak randi sendiri, sekarang resmi menjadi guru di SMP talita dimana pak randi akan selalu bertemu dengan talita.
Setiap Pak Randi mengajar di kelas Talita, selalu genk talita yang paling kompak untuk membalas sapaan Pak Randi. Yah namanya juga genk anak-anak yang sedang kasmaran. Saat Pak Randi datang ke kelas dan mengajar, munculah semangat baru Talita untuk mengikuti dengan baik dan tak ingin rasanya untuk membolos saat mata pelajaran matematika.
Setiap hari talita selalu memberikan perhatian yang lebih kepada Pak Randi. Dengan berbagai cara, mulai dari meberika roti, susu dan berbagainya. Hingga pada saat iya memberika sweter yang sangat mahal. Dari sikap itulah Pak Randi mengetahui bahwa Talita menyayanginya. Mulai dari itulah kedekatan mereka terbentuk mulai dari belajar, jalan-jalan dan makan bersama. Tetapi Pak Randi semata-mata perhatian kepada Talita dan kasihan karena kehidupannya yang sekarang sedang berantakan.
Semakin hari, kedekatan mereka sangat dekat dan senyuman Talita bangkit kembali. Tetapi ada hati yang tersakiti saat kedekatan Talita dan Pak Randi. Dia adalah Farlan, cowok yang sangat mencintai Talita dan rela berebut tiket konser Justin Bieber. Tiket itu akan ia berikan kepada Talita sebagai arti cintanya.
Kedekatan Pak Randi dan Talita tidak lah lama. Saat Pak Randi ingin kembali lagi dengan Mantannya yaitu Citra. Pak Randi sangat mencintai Citra, karena ia akan menikahi Citra. Tetapi sayangnya Pak Randi tak berani mengatakan kepada Talita jika ia akan bertunangan dengan Citra. Tapi sayang Talita mengetahui hal tersebut dan hasilnya Talita sangat membenci Pak Randi.
Kejadian itu menyebabkan Talita sadar bahwa ia, tak sepantasnya mencintai orang yang lebih jauh usianya dan hal tersebut membuatnya bahwa mengetahui artinya cinta.
Yah, cinta dan cinta lagi. Mungkin itu yang memang sekarang dijalani oleh setiap insan di dunia dan mungkin dari sanalah munculnya kenyamanan untuk berbagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar