Senin, 07 Mei 2012

cerpen :D


                                        Oleh : pradnya susmitha zen
“… bangunn .. “ teriak Winda di luar. “Apa sih berisik loe .., pergi..” balass gue. “oke , kalo loe gak bangun gue tinggal ! byeee..” teriak Winda lagi. “I don’t care .. berisik banget sii , emang jam berapa sih ?”gue bangun dan liat jam . “mamiiiii .. uaaaaa … mandi.mandi.mandi .. telat.telat ..” brakkk , gue langsung loncat dari kasur menuju kamar mandi. Gue cepet-cepet mandi  dan cabut ke sekolah. Mami yang dari tadi nungguin di bawah pun geleng-geleng. “ anak mami tersayang , kamu baru bangun ya ? kebiasaan banget kamu ,” omel mami. “ sory mii , aku beneran capek bgt , kemarin abis buat tugas ,” kataku sambil memakai sepatuu. “ ya , terserah kamu aja deh mami udah capek ngurusin anak  kayak kamu..” omel mami lagi. “sekali lagi sory mii ,” kataku lirih. Mami pun meninggalkan gue sendirian di ruang tamu, oke ini emang salah gue yang bangunnya telat. Gak mau buang waktu terlalu banyak lagi gue pun pergi kesekolah dengan mobil kesayangan gue.
            Oke sekedar kalian harus tau aja , nama gue Wenda Miandira Cantika, nama gue aja bagus tapi hidup gue samah sekali enggak bagus kayak nama gue , karna bagi gue nama itu terlalu sama dengan sodara kembar gue jadi gue gak suka pake nama itu. Gue sodara ber 2 sama sodara kembar gue namanya Winda Miandara Santika. Kita tinggal cuma sama mami aja sedangan papi di luar kota, sebenernya gue anak broken home , papi sama mami udah cerai dari dulu so, karena papi kalah waktu sidang cerainya sama mami tentang hak asuh anak jadi gue sama winda tinggal sama mami. Papi Cuma bakalan jenguk gue kalo lagi sakit aja. Ya, gara-gara hal itu gue harus tinggal sama mai gue juga.
            Pagi jam 7 untuk daerah jakarta macet banget  tapi hari ini beda, cuaca tidak mendukung  dan hujan deras pun tiba. Oke sekarang gue udah nyampek di sekolah seperti biasa 3 sobat gue udah nunggu. “wenda sayang , kamu hampir aja telatttt” omel Pricill. “yayayay gue tau, hari ini jelek banget bagi gue” sergahku. “emang ada ya , hari baik untuk diri loe yang loe sendiri bilang jelek ?” tambah Deca. “males ah , bodo ..” kataku sambil berlalu menuju kelas. “loe udah buat tugas belom ?” tanya Jeni. “seorang wenda gak buat tugas ? apa kata dunia..” timpal Deca. “ya udah buat dong  masa belom sii “ kataku. “hari ini loe ada ngajar les ?” tanya jeni lagi. “ eeemmm, kayaknya enggak deh , emaang knapa ?” tanyaku balik . “ke bogor yukk ???” tawar deca. “ buat apa ? kita Cuma liburan  3 hari doang ..” tolak ku. “isss, wen.. ayolah , kalo loe gak ikut,kita semua gak  jadi pergi , ikut yaaa ..” kata pricill mohon-mohon. “emmm , iya gue ikut !” kataku dengan lemas.
            Kita ber 4 memiliki sifat berbeda pricill seorang anak manja yang pengen banget dewasa, hobynya jalan-jalan dan belanja. Deca cewek cantik dan feminim hobynya ke salon aja. Jeni cewek yang tomboy tapi pemikirannya telat banget alias LOLA. Gue cewek biasa yang emang gak suka sama jalan-jalan kalo lagi bad mood,. Kata semua orang disekolah sih, gue pinter tapi bagi gue biasa aja , kerjaan gue sehari-hari Cuma ngajar anak-anak yang udah putus sekolah. ya, gue lebih seneng emang bergaul sama anak yang kurang beruntung.
            Jam 7.30 pelajaran dimulai anak-anak berlarian menuju kelas. “jam pertama siapa yang ngajar ?” tanya Jeni. “ biasa miss good luck ..” jawab deca. “ uaaa , males diajar sama dia” keluh jeni. “ tolong ya , gak usah protes .. terima aja ..” kataku tegas . “ iya …” jawab pricill.Pelajaran miss cantika pun dimulai , anak-anak suka  menyebut nama miss cantika dengan miss good luck , karena perkataanya yang selalu mengucapkan kata good luck. Jam istirahat menunggu semua anak  pergi ke kantin seperti biasa wenda dan kawan-kawan pun pergi ke kantin.
            “kalian semua mau beli apa ? “ tanya deca. “kayak yang biasa aja deh” , jawab kita kompak. “siip” kata deca. “ emm , wen , tar kita kerumah loe ya ..”pinta Jeni. “mau ngapain ?” jawab ku. “Ya main aja .. boleh ya , kita udah lama ni gak kerumah loe ..” bujuk jeni. “ emm ,  gimana ya .. ? bole siihh , tapi dengan satu catatan , jangan bikin onar di rumah orang.” Tegas ku. “siipp,”kata mereka kompak. Setelah pelajaran disekolah sekali kita semua menuju rumahku dikawasan pondok indah.
            Sampai dirumah seperti biasa mereka semua menuju kamarku. Sebenarnya dari dulu mereka sering main kerumahku, tapi karna ada si winda yang diem dirumah aja , jadi gue nggak ngasi temen gue main ke rumah. Tapi karna sekarang dia ada urusan penting, so rumah kosong. “rumahnya sepi banget sii “ celetuk pricill. “ya iyalah , secara dirumah Cuma gue sama si winda and mami aja dirumah” jawabku malas. “ emm , ya , gue tau siii , loe gak betah disini kenapa loe gak balik aja sama papa loe sii , ?” “ kalo gue balik sama papi, mami gak terima , loe tau kan papi gue bangkrut .. trus mami gue bakalan ngomong : apa papi kamu bisa ngasi kamu makan . gue paling benci kalo mami ngomong kayak gitu” omelku. Ya, nyokap ama  bokap cerai gara-gara bokap bangkrut , trus sekarang bokap diem diluar kota sambil ngerintis usaha barunya. Gue sayang banget sama mami dan papi , udah lumayan 3 tahun aku gak ketemu sama papi. Kangen, rindu, sayang itu yang aku rasain ke papi. Kalo boleh disuruh milih aku mendingan milih ikut papi, papi gak milih kasih bagiku kalo sayang sama anaknya. Mami sayang banget sama winda gak tau kenapa apa itu Cuma perasaan aja atau fakta.
            Udah hapir 3 jam sobat gue die dirumah gue, gak ini gak itu semuanya jadi mainan. “udah sore ne , kita balik yuk ..” ajak Jeni. “ eh , neng siapa bilang ini sore , malem tau ya ..” jawab ku. “ ye , ceritanya ngusir ne ?” sambar pricill. “ iya .. pulang sana udah malem tar nyokap bokap nanyain lagi.” Nasehatku. “trus loe mau dirumah sendirian gitu  ? winda ama maami loe kan  belum pulang” kata deca. “udah pulang aja sana , gue udah biasa diem dirumah sendiri” kataku pelan. “yaudah dehh , see you .. :*”salam jeni. “ see you .. hati-hati loe semua , awas nanti kalo gue tau loe gak langsung ke  rumah” kataku  menjawab. “siiiippp” jawab mereka kompak.
            Jam menunjukkan pukul 10 malam, tapi mami sama winda belom pulang . “mereka berdua kemana sii ? udah malem kok belum balik ya ?” kataku cemas. Seperti biasa mami kalo pergi sama winda pasti sampe larut malam, gak akan yang kenal sama namanya jam berapa sekarang !. oke gue udah cape nungguin sampe jam segini, mendingan gue tidur aja kataku dalam hati.
            Keesokan harinya,gue emang sengaja bangun pagi-pagi banget untuk siap-siap pergi ke Bogor.
            “pagi maa..” sapa gue dengan senyum khas yang gue punya. “pagi” jawab mama dengan ketus. Kalau udah kayak gini gue udah tau apa maunya mama sekarang. “ma, aku ntar jam 8 mau berangkat sama temen-temen ke bogor, boleh kan ? “ bujuk gue. “ apa ?? bogor ?? kamu gak salah ? trus sodara kamu, bakalan kamu tinggal sendirian dirumah ??” jawab mama sambil melotot. “ ya..aa..a..aa. gitu sih maa .. boleh kan ? “ jawab ku gugup. “ENGGAKK BOLEEHH.. ngerti .” jawab mama tegas. “ tapi , aku udah janji bakalan ikut maa ..” renggek gue. “ kalo enggak mama kasi , ya jangan ikut dong.. “ tolak mama. Oke kesabaran gue udah ilang. “ maa, aku capek sama semua ini maa , apa yang aku inginin gak pernah mama kasi !! mama nyuruh biar aku bisa jadi orang pinter, udah aku jalanin .. aku ikut lomba ini dan itu udah aku jalanin , apasih lagi maa salah aku .. ???” tangis gue. “kamu mau tau apa salah kamu ? “ kata mama yang mulai menangis. “ apa maa ?? akuu capeekk kayak giniii” kata gue sambil nangis. “ kamu selalu bisa seneng-seneng diatas penderitaan sodara kamu ? apa kamu pernah tau saat dia kesakitan ?” jawab mama. “maa.. aku selalu bisa ngertiin dia .. dia ngambil temen aku! Aku diem aja.., dia gak suka sama aku di sekolah.. aku biasa aja ..”. “ kamu harus bisa ngalah sama sodara kamu! Okee.. mama bakalan ngijinin kamu buat ikut ke bogor tapi sodara kamu winda harus ikut juga!” kata mama menawarkan. Gue diam dan berfikir “apa sahabat-sahabat gue mau kalo si winda ikut ? secara mereka gak suka sama winda?”. “ gimana nda ? kamu boleh ke bogor tapi winda harus ikut!” tawar mama lagi. “ oke, nanti aku nanya lagi sama temen-temenku!” kataku sambil pergi menuju kamarku.
            Ponselku berdering, pertanda ada yang menelepon.
“ haloo, nona apakah dirimu sudah bersiap-siap ?”
 “udahlah.. loe dimana? Gue capek nungguin loe”.
 “hehehe maaf gue jemput loe tar agak siangan yaa.. gue masih nungguin deca nii..”.
“ iya sayang ..”.
“ lo gak marah kan ?”.
“kecewa sih ada dari pada gue gak ikut”.
“bener juga sihh”.
“jen, ntar gue punya kejutan tau buat kalian ber 3.. hahhahJ
“apa???(dengan nada lebaynya)”
“plis deh, gak usah lebay..”
“ siapa jugga yang lebay!!! Kasi tau dong apaan kejutaanya??”
“hehh, aneh ya.. namanya juga kejutan mana ada dikasi tau.. liat aja nanti..”
“gak usah pakek kejutan napa?”
“aduuhh.. pulsa abis nee.. dada.. cepetan jemput gue ya jen..” kataku sambil mengakhiri telepon jeni.
“eh , wen.. kan yang nelpon gue.. gimana siihh” aku pun masih mendengar kata-kata jeni yang terakhir.
“hahahhaa jeni.jeni..” kataku
            Tepat jam 10 jeni,deca dan pricill sudah berada di depan rumahku. “wenda..wendaa..” teriak pricill dari luar. Aku pun segera keluar.
“wess, cepet banget??”
“yaiyalah.. yuukk cabut !!!” kata pricill. “heh.. main cabut aja.. tunggu bentar dong, ada yang mau ikut tau..:)” kataku sambil tersenyum. “ siapa??” kata mereka kompak bertiga.
            Winda pun keluar dari rumah.
“taraaaaa… winda ikut kita ke bogor. Gimana setuju kan??” kataku ketakutan.
“apaaaa????” kata mereka bertiga kompak lagi.
“iyaa.. winda ikut.. dirumah sepi, mami gue mau keluar.. jadi dirumahkan gak ada siapa tuu.. ya.. kasian winnda sendirian dirumah..:) bolehkan ..???” kataku memelas.
“kalo gue gak boleh ikut! Berarti si wenda juga gak boleh ikut.. titik..” ancam winda.
“eeehhh.. iya.iya deh loe boleh ikut tapi loe jangan buat masalah…!” jawab deca dengan terpaksa.
“yaudah kalo gitu kita.. berangkat..”  suara winda terdengar gembira.

            Kita pun akhirnya sampai di Bogor. Tepatnya di salah satu villa dekat dengan kebun the. Suasana disini beda dengan suasana pada saat aku berada di Jakarta. Disini lumayan tenang untuk bersantai dan juga melepas penat. Aku pun terbawa suasana untuk melamun.
            “door.. hayoo.. loe ngelamun aja.. dasar wenda jelek..”
Kedatangan deca mengagetkannku dan yang jelas membuyarkan lamunanku.
“deeccaaa.. bisa gak sih, gak usah pake ngagetin kayak gitu..”
“hahahhaha.. siapa suruh loe ngelamun.. orang jelek..”
“loe tu yang jelek..”
“ehh, wen, wajah loe kok pucet gitu??”
“pucet?? Masa sii?? Gak deh.. gue baik-baik aja kok!”
“gak.gak mendingan sekarang kita balik ke villa aja! Loe perlu istirahat!” bujuk deca
“kagakk.. gue gak mau!! Dadaaa gue mau keliling-liling kebun teh dulu.. dada decaJ” kataku sambil berlari.
            Braakkkk….
            Keesokan harinya.
“ huaa, sakitt..” rintihku
“wenn?? Kamu udah sadar sayang??”
“papa ?? itu papa kan??” aku ingat betul suara itu.
“iya wen, papa disini sama kamu!!”
“papa.. wenda kangen papa” kataku sambil memeluk erat tubuh papaku.
“papa juga sayang..”.
“aku dimana pa??”
“kamu dirumah sakit wen, kemarin deca nelpon papa”
“emang aku kenapa pa??”
“ kemarin kamu pingsan di kebun teh. Trus kamu di anter deh sama deca kerumah sakit. Trus kamu sehat kok wen, Cuma kata dokter kamu gak boleh capek! Jadi kamu selesai aja ya ngajar anak-anak les..”
“gak pa, aku gak mau..”
“loe kenapa??”
“pokoknya aku gak mau… titik..”
“yaudah deh terserah kamu aja!”
            Aku pun merasa aneh dengan sikap papa dan mama. Papa yang sekarang sibuk dengan urusannya, malahan milih tinggal nemenin gue, trus sekarang papa malahan tinggal dirumah sama mama. Mama yang dulunya selalu marah dan benci sama gue kenapa tiba-tiba perhatian sama gue trus si winda dicuekin. Gue makin gak ngerti. Setelah satu minggu dirawat dirumah sakit gue pun pulang kerumah. tapi gue makin ngerasa kondisi badan gue makin melemah.
“pagi sayang.. bangun dongg..”suara mama di depan pintu sambil mengetok pintu kamarku.
“pagi maa.. nih aku udah bangun” cengirku.
“mama kira kamu belom bangun”
“udah dong..” kataku sambil menyisir rambut.
“sini biar mama aja yang nyisirin rambut kamu!”
            Gue kaget liat rambut gue rontok. Gue heran kenapa ya akhir-akhir ini rambut gue banyak yang rontok.
“maa.. aku kayaknya perlu ganti shampoo deh.. abis rambut aku banyak yang rontok!”
Mama diam gak jawab sama sekali.
“maaa..”
“hah?? Apa sayang??”.
“mama melamun ya? Kenapa ma??”
“hah? Gak papa kok sayang,, yaudah nanti mama kasi kamu shampoo yang bagusJ
“makasi mama..”
            Setelah enyisir rambutku mamapun pergi dari kamarku.
“maafkan mama sayang”
            2 bulan berlalu, semakin lama-kelamaan rambutku rontok, sering pingsan dan aku pun sering batuk yang tak kunjung hilang.
“ma, aku kok sering pingsan sih??”
“emm, kamu baik-baik aja kok. Mendingan kamu istirahat yang banyak aja yaa..”

            Mamapun meninggalkanku.
“maa..” panggilku ke pada mama.
Tapi tak kunjung juga ada jawaban dari mama. Aku pun keluar untuk menemui mama. Tetapi kepala ku pusing dan sakit. Saat ingin menuruni tangga aku pun terpeleset. Aku tak merasakan sakit apapun ditubuhku.

Dear mama dan papa,
Ma,
Makasi ya, selama ini mama udah mau ngerawat aku dari mama ngandung sampai aku besar. Ma, aku sayang banget sama mama, tapi aku baru merasakan kasih sayang itu pada saat aku jatuh sakit. Mungkin mama kurang perhatian sama aku karena mama lebih deket sama winda. Ya, aku tau ma kenapa mama lebih deket sama winda dari pada aku. Karena pada saat itu mama ngira winda yang sakit bukan aku. Tapi gak papa kok ma, aku tetep sayang sama mama kapanpun juga.
Untuk papa makasi ya, papa udah perhatian sama aku waktu aku sakit. Ya, walaupun aku gak sakit papa tetep rajin nelpon aku. Aku sayang papa, pa aku nitip mama sama winda ya.. jagain mereka. Awas ya kalo papa buat mereka sakit hati. Nanti aku kecewa sama papa. Pengen deh kalian rujuk lagi J. Aku pengen mama sama papa akur selamanya.
 Buat winda.. maaf ya sodara kembarku, selama ini kita selalu bertengkar.. gak pernah akur. Tapi aku sayang banget sama kamu win. Aku sayang kalian semua, aku gak akan pernah lupa sama kebaikan kalian semuanya. Maafin aku ya kalau aku punya salah sama mama,papa dan winda. Intinya aku sayang sama kalian sampai kapanpun.
I LOVE YOU J
                                                                                                Salam sayang
                                                                                    Wenda Miandira Cantika
Itulah pesaan terakhirku.
Iya saat ini aku sudah tak ada didunia keluargaku. Aku sudah berada di dunia kedua, tempat yang sudah aku inginkan selama ini. Surga itulah keinginanku. Sekarang aku sudah meninggalkan mereka. Orang-orang yang selama ini aku sayangi. Ya, itulah hidup, di saat mereka dan aku sudah mulai dekat, aku harus meninggalkan mereka.
Andai mama tau kalau sebenarnya yang sakit itu aku bukan winda, selama ini mama mengira windalah yang sakit. Tapi sebenarnya akulah yang mengidap kanker otak itu.



           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar